Home » , , , , , , , , , » Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Mendirikan Server Pulsa Elektrik Dengan Software Pulsa Murah ABS REFILL?

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Mendirikan Server Pulsa Elektrik Dengan Software Pulsa Murah ABS REFILL?

Written By Adi Cahyo on Monday, 29 September 2014 | 04:10

  • Perangkat Komputer


       Yang perlu diperhatikan untuk pengadaan perangkat komputer ini adalah bahwa Server Pulsa akan bekerja penuh selama 24 jam sehari. Spesifikasi minimal komputer tidak mengikat, namun disarankan menggunakan komputer berprocessor/setara dgn P4 Memori RAM 1 Ghz VGA tidak mengikat, Rakitan / Build Up tidak menjadi masalah asal stabil (berdasarkan pengalaman komputer build up lebih stabil - namun harga lebih tinggi daripada komputer rakitan).

       Pada penggunaan perangkat komputer ini bersifat upgradable (sewaktu-waktu Anda bisa menaikkan spesifikasi komputer bila memang diperlukan yang dikarenakan kepadatan transaksi yang semain meningkat setiap waktunya.)

      Disarankan menggunakan monitor LCD/LED karena konsumsi daya listrik yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan monitor type CRT(tabung). Harap diingat bahwa sebuah server pulsa akan bekerja full 24 jam sehari selama 7 hari seminggu dalam melayani transaksi, jadi konsumsi daya listrik juga akan meningkat).

  • HP Siemens C55/M55 + Kabel Data , Modem GSM, Modem CDMA


     Seperti yang telah dipaparkan dalam catatan tentang fungsi sebuah Server Pulsa, bahwa dalam Server Pulsa terdapat chip2 master dari distributor yang berisi stok2 pulsa dari masing2 operator seluler. Nah, fungsi dari HP/Modem ini adalah sebagai tempat chip2 tersebut agar bisa terkoneksi dengan perangkat komputer (sebagai media komunikasi antara perangkat komputer dengan chip master). Selain itu Hp/modem ini juga sebagai tempat dimana SMS Centre (hp untuk menerima perntah SMS dari mitra outlet) dan juga SMS Sender (hp untuk mengirim laporan transaksi mitra outlet via SMS).

      Untuk penggunaan HP GSM, kami menyarankan menggunakan HP Siemens C55 atau M55 karena HP type2 tersebut lah yang AT Command nya lengkap. Perlu diketahui bahwa bahasa pemrograman untuk modem atau HP GSM/CDMA adalah menggunakan bahasa pemrograman AT Command.

      Untuk penggunaan modem GSM fungsinya sama dengan HP siemens. Untuk Modem GSM ini kami menyarankan untuk menggunakan Modem GSM Wavecom & Modem Poll, tipe bebas yang model Serial atau Modem USB. Untuk performa yang lebih stabil, menggunakan yang model Port Serial. Hanya saja bila menggunakan yang model serial port ini Anda akan menambahkan device converter PCI to Serial dikarenakan jumlah port serial bawaan dari komputer biasanya terbatas.

  • Kebutuhan Lain (optional)
    Selain kebutuhan perangkat komputer dan hp/modem, kebutuhan2 lain yang mungkin diperlukan adalah UPS utk back up power supply bila listrik sering padam, Koneksi Internet mungkin juga diperlukan bila akan melakukan transaksi pengambilan stok dari server lain (h2h)


2 komentar: