Home » » CARA MENAMBAH SUPPLIER DI C2 METRO STANDARD & PROFESSIONAL

CARA MENAMBAH SUPPLIER DI C2 METRO STANDARD & PROFESSIONAL

Written By Adi Cahyo on Thursday, 30 July 2015 | 08:14

Bagi anda pemula yang baru saja membeli Software Server Pulsa Elektrik C2 Metro edisi Standard atau pun Professional mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara menambahkan supplier baru kalau kita memakai stok h2h. Kami akan berbagi sedikit tutorial menambahkan supplier di software pulsa C2 Metro ini.

Pertama anda harus membuka aplikasi C2 Metro terlebih dahulu. Setelah anda masuk maka silakan buka menu Supplier yang ada di aplikasi C2 Metro anda.
Tampilan menu produk C2 Metro
Tampilan menu produk C2 Metro
Misalkan anda sudah mempunyai 1 supplier, untuk contoh saja suppliernya bernama Jhova Pulsa. Maka sebelum anda membuat supplier, pastikan terlebih dahulu kalau anda sudah terdaftar di server tersebut. Mintalah kode produk & harga stok all operator ke supplier itu, minta contoh laporan sukses dan gagal untuk membuat settingan supplier agar trx nanti bisa sukses & gagal dengan otomatis juga. Di sini kami mengambil contoh supplier Jhova Pulsa di mana transaksinya nanti memakai YM (Yahoo Messenger). 
Lanjutkan untuk membuat supplier dengan klik menu Tambah Supplier. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:
Nama supplier bisa anda isi dengan nama server tempat anda mengambil stok.
Terminal silakan diubah menjadi YM, Jika anda memakai terminal Host to Host YM1 maka pilihlah angka 1, jika anda memakai terminal YM 2 maka pilihlan angka 2. Untuk software yang edisi standard hanya bisa untuk 1 terminal yaitu YM1, adi pilihlah angka 1 seperti contoh di atas.
YM Center harus diisi dengan YM Center yang dari supplier tempat anda ambil stok.
Pin transaksi diisi dengan pin yang dari supplier.
Kata kunci gagal adalah 1 kata kunci untuk menyaring supaya laporan supplier itu bisa gagal otomatis. Misal dari supplier trx gagalnya mengandung kata "gagal" maka anda bisa mengisi kata kunci itu dengan "GAGAL"
Kata kunci sukses adalah kata kunci yang dipakai untuk menyaring laporan sukses dari supplier agar nantinyajuga bisa sukses otomatis ke agen kita yang transaksi. Jika ada kata kunci lebih dari 1, anda bisa mengisi semuanya dengan memisahkan kata itu dengan tanda koma.
Jika anda rasa yakin semua yang diisi sudah benar, silakan klik Simpan.

Belum selesai sampai di sini, anda masih perlu mengambil SN dari supplier itu agar nantinya bisa kita kirim juga ke agen. Tujuannya agar nomor SN dari supplier kita juga diterima oleh agen kita yang transaksi. Bukan hanya nomor SN tapi juga agar jika transaksi token PLN, token itu bisa terkirim ke agennya.
Anda bisa melihat tampilan sebelah kanan Kata Kunci SN/Reff.


Setelah anda klik "Tambah Kata Kunci SN/Reff" maka akan muncul tampilan ini
Kata kunci awal adalah kata sebelum nomor SN, kata kunci akhir adalah kata setelah nomor SN.
Misal ada laporan transaksi seperti ini:
Yth SLACELL, Sukses isi 5 ke 081375038237 SN 5073021342141665190. Saldo Rp59.700-Rp5.675=Rp54.025 Komisi Rp0 Trx lancar
Kata kunci sebelum nomor SN diisi: SN
Kata kunci sesudah nomor SN diisi: Saldo

Tambahkan juga keterangan gagal. Misal ada laporan gagal dari supplier yang mengandung kata Gangguan mmaka anda bisa membuat settingan seperti di bawah ini:
 
Sampai di sini anda sudah selesai setting supplier. Supplier ini tidak akan bisa jalan jika anda tidak menjalankan terminal Host to Host YM1. Jadi terminal itu harus terus dijalankan. Untuk membuka terminalnya anda bisa melihat gambar di bawah ini:
Silakan klik menu C2 di bagian kiri atas, arahkan mouse ke Host to Host & klik terminal YM1.
Maka akan muncul terminal YM1 Seperti tampilan di bawah ini:

 SIlakan isi Yahoo id denga id Yahoo yang sudah anda daftarkan di supplier h2h. Isi password login YM/ email anda. Jika sudah bisa login. Silakan add YM center supplier anda dengan Tambah Kontak.

Menjalankan terminal YM1 sudah selesai. Selanjutnya anda tinggal edit kode akses tiap-tiap produk yang mau diambilkan ke supplier itu. Untuk cara editnya silakan klik di sini.

0 komentar:

Post a Comment