Home » » Kiat Jitu Membuat Server Pulsa Lebih Baik

Kiat Jitu Membuat Server Pulsa Lebih Baik

Written By Randy on Saturday, 29 July 2017 | 07:38

Bagi Anda yang tertarik pada dunia server pulsa, beberapa tips berikut ini sepertinya layak untuk dicoba sehingga Anda bisa memiliki usaha server yang lebih baik. 



1. Membuat rencana atau prosedur kerja
 
Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membangun usaha server adalah dengan membuat prosedur standar terkait penanganan masalah yang bisa terjadi pada software, hardware, simcard, modem, jaringan, ataupun operator sesuai dengan manual yang Anda miliki. Selain itu, Anda sebaiknya juga mempersiapkan prosedur standar untuk menangani komplain. Dalam hal ini, Anda sebaiknya bisa membedakan komplain terkait masalah pulsa tidak masuk yang dikarenakan gangguan ataupun masalah yang disebabkan sistem. 

2. Menyusun rencana jaringan kerja
 
Kiat selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat skema atau denah sistem yang menggambarkan tentang layout perkabelan dan jaringan dengan informasi spek pada masing-masing perangkat komputer. Dalam membuat denah tersebut, Anda bisa memanfaatkan software Microsoft Visio ataupun dengan membuatnya secara manual dengan menggambarnya menggunakan pensil. Denah sistem tersebut nantinya bisa Anda pasang pada sebuah papan yang ada di ruangan sehingga ketika ada suatu masalah pada server pulsa, teknisi akan lebih mudah untuk menangani masalah tersebut.

3. Manfaatkan ruangan khusus
 
Anda sebaiknya juga memahami bahwa pengelolaan server pulsa hendaknya dilakukan secara optimal dan benar sehingga Anda sebaiknya memisahkan server tersebut dari ruangan layanan pelanggan ataupun dengan menempatkannya pada area yang sekiranya aman dari gangguan.

4. Pasokan listrik yang tepat
 
Banyak pengelola bisnis server kurang memahami pentingnya sistem pasokan listrik karena kesalahan prosedur bisa menimbulkan resiko kebakaran ataupun kerusakan pada catu daya yang ada pada sistem Anda. Anda sebaiknya menggunakan pwer outlet yang tepat dan sesuai dengan konsumesi daya yang digunakan pada sistem sehingga pasokan listrik bisa aman.

5. Gunakan UPS
Pemadaman listrik bisa saja terjadi kapan saja dan mendadak. Untuk mengoptimalkan pelayanan, Anda sebaiknya menggunakan UPS (Uninteruptible Power System) untuk mengantisipasi tegangan listrik yang tiba-tiba turun bahkan terputus akibat pemadaman listrik. Anda sebaiknya memilih UPS yang berkualitas sehingga mampu bekerja secara optimal.

7. Pasang dan perbaharui antivirus dan firewall
 
Sebagian orang mungkin merasa kurang nyaman dengan penggunaan antivirus. Namun demikian, untuk keamanan sistem, Anda sebaiknya memasang antivirus dan firewall pada semua komputer yang ada pada jaringan Anda. Dalam hal ini, Anda sebaiknya juga tak lupa untuk selalu melakukan update sehingga antivirus dan forewall tersebut bisa bekerja secara optimal.

8. Lakukan pengecekan dan perbaikan secara berkala
 
Dalam memaksimalkan server pulsa, Anda sebaiknya membuat jadwal khusus untuk melakukan pengecekan serta perbaikan. Maintenance tersebut bisa dilakukan baik yang membutuhkan reboot server ataupun yang tidak.

9. Pekerjakan tenaga administrator
 
Dalam mengelola bisnis server, Anda sebaiknya memahami bahwa yang Anda butuhkan bukan hanya banyaknya transaksi yang bsia Anda lakukan tetapi juga perlu memperhatikan bagaimana caranya supaya transaksi tersebut bisa lancar sehingga pelanggan bisa mempercayakan kebutuhannya pada Anda. Bila Anda merasa tidak bisa mengelola semua hal sendiri, tak ada salahnya bila Anda mempekerjakan tenaga administrator yang paham tentang administrasi sistem sehingga ketika terjadi suatu masalah bisa segera mengkomunikasikannya dan menemukan solusi secepatnya sehingga server pulsa akan tetap berjalan lancar.

0 komentar:

Post a Comment