Home » » Proses Kerja Server Pulsa

Proses Kerja Server Pulsa

Written By Randy on Tuesday, 15 August 2017 | 21:03

Server pulsa adalah sesuatu yang digunakan sebagai alat bertransaksi pulsa elektrik. Umumnya server ini hanya digunakan untuk mengisi pulsa elektrik saja. Namun, seiring berkembangnya waktu bisnis pulsa server ini bisa digunakan untuk membeli token PLN serta membeli beberapa voucher game.

Mengenai bisnis pulsa, banyak orang yang sudah tak awam lagi dengan bisnis ini. Prospeknya sangat menjanjikan, untungnya lumayan, dan tidak membutuhkan modal yang banyak untuk memulai bisnis. Banyak outlet yang menjual bisnis pulsa. Dahulu, untuk berjualan pulsa setiap operator membutuhkan 1 chip, dan 1 chip ada di 1 handphone. Bayangkan saja jika Anda menjual 6 operator, HP yang Anda miliki harus 6. Karena merepotkan, akhirnya dibentuklah kemudahan melalui server pulsa.

Server pulsa mempunyai fungsi memudahkan dan membuat sederhana di setiap transaksi pulsa. Server ini yang akan melakukan order ke operator lalu dengan segala prosesnya pulsa bisa masuk ke nomor pelanggan. Berbicara tentang proses server isi pulsa, pasti banyak yang belum mengetahui secara gamblang bagaimana sih server bisa mengirim pulsa?  Simak penjelasan berikut ini:
  • Proses Input
Pertama dalam proses input, server membutuhkan perintah dari kita. Tetapi, untuk bisa menjalankan server pulsa, kita perlu menjadi bagian dari bisnis ini (agen, master dealer, atau distributor). Server ini bisa melakukan perintah seperti cek deposit, cek harga, dan lainnya. Input daripada server isi pulsa ini dikirimkan ke SMS Center. SMS yang dikirimkan berbeda- beda kodenya sesuai dengan perintah yang akan diberikan, biasanya kode disertai pin.

  • Proses Server
Setelah server mengirim perintah lewat SMS yang ditujukan ke SMS Center dan ditanggapi, server ini akan mengecek sisa deposit apakah cukup untuk melakukan transaksi pulsa. Jika saldo mencukupi, server akan melanjutkan perintah mengisi pulsa ke dalam transaksi. Pulsa akan diproses oleh modul- modul pengelola server. Modul ini sudah disetting sejak awal untuk memproses pulsa elektrik. Proses ini bisa memakan waktu lama jika tidak ada gangguan. Setelah proses selesai, modul akan memberi notifikasi berhasil atau tidaknya. Jika berhasil, pulsa sudah masuk ke pelanggan dan jika gagal akan sebaliknya. Penyebab gagal biasanya dari pihak operator sedang mengalami trouble.

  • Proses Output
Setelah proses sebelumnya berhasil, maka server pulsa akan mengrimkan SMS notifikasi secara otomatis ke pelanggan jika pulsa sudah masuk. Pengiriman SMS otomatis ini dilakukan software SMS Sender dan sudah diketikkan sebelumnya oleh pengelola server.

Nah, diatas adalah penjelasan proses server pengisian pulsa. Jika selama ini kita hanya penasaran para penjual meng-klik komputer atau HP nya ketika kirim pulsa, kini kita tahu bagaimana proses sebenarnya dalam pengisian pulsa.

0 komentar:

Post a Comment