Home » » Cara Kerja Server Stok Pulsa Dalam Bisnis Pulsa

Cara Kerja Server Stok Pulsa Dalam Bisnis Pulsa

Written By Randy on Monday, 10 September 2018 | 02:35

Tak dapat dipungkiri bahwa server pulsa memang memiliki peran yang penting dalam bisnis pulsa. Dengan server pulsa tersebut transaksi pulsa menjadi lebih lancar dan jangkauannya semakin luas. Tentunya dalam menjalankan tugasnya untuk bertransaksi pulsa maka server pulsa juga membutuhkan stok pulsa salah satunya dengan sistem H2H. Sebab bisnis server pulsa tidak memakai modal yang terlalu besar serta cara kerjanya yang mudah sehingga bisa dijalankan oleh para pemula. Namun sebelum Anda menjalankan bisnis server stok bisnis pulsa maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara kerja server ini. 

Dalam pengisian stok pulsa pada server terdapat dua cara yang bisa Anda pilih yaitu memakai metode manual atau multichip dan sistem Host to Host atau H2H. Hadirnya sistem tersebut juga menjadi terobosan transaksi penjualan pulsa agar semakin efisien dan lebih praktis dibandingkan sistem yang sudah ada sebelumnya. Sistem H2H adalah pengambilan stok saldo pulsa dari server yang lain. Sedangkan untuk multichip merupakan sistem pengisian pulsa menggunakan 1 simcard di 1 handphone untuk melayani penjualan pula all operator. Bahkan simcard yang digunakan bukanlah simcard khusus melainkan jenis simcard yang biasanya Anda beli di konter. 

Untuk Anda yang masih tahap pemula sebaiknya perlu mengetahui cara kerja dari masing-masing sistem pengisian stok pulsa tersebut. Untuk pengisian menggunakan multichip biasanya dilakukan dengan mendaftarkan nomor terlebih dahulu pada layanan provider multichip lalu depositkan sejumlah dana pada provider tersebut atau disebut juga dengan saldo. Bila Anda sedang ingin mengisi pulsa maka cukup kirim SMS saja sesuai dengan format yang ditentukan oleh pihak server. Kemudian isi nominal pulsa yang akan dikirim maka deposit dari multichip akan terpotong sesuai jumlah pulsa yang sudah ditetapkan pihak server. 

Untuk lebih jelasnya cara kerja multichip tersebut memang cukup sederhana dimana provider multichip memiliki sistem yang disebut dengan server pulsa elektronik. Server pulsa tersebut terdiri dari perangkat komputer, modem dan HP yang sudah dilengkapi simcard khusus. Proses kerja multichip ini dikendalikan otomatis menggunakan software untuk mengatur seluruh penerimaan order, pengisian pulsa sampai memberikan laporan ke pengguna. Untuk software yang digunakan ini adalah pengembangan dari software SMS Gateway yang berfungsi untuk menerima SMS, mengirim serta mengendalikan ponsel yang sudah terhubung komputer yang terinstall software tersebut. 

Ketika seorang pengguna multichip melakukan transaksi order sesuai format yang dikenal maka ponsel yang berperan sebagai SMS center akan menerima namun yang menerima adalah software pulsa tersebut. Lalu software akan mengolah data order yang masuk sesuai dengan format yang diterima. Selanjutnya software pulsa akan melakukan panggilan ke ponsel yang sudah berisi simcard untuk mengisi pulsa. 

Itulah tadi penjelasan mengenai cara kerja server stok pulsa dalam bisnis pulsa yang bisa menambah wawasan Anda. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis pulsa maka sebaiknya perlu menyimak penjelasan di atas. Dengan demikian saat terjadi masalah transaksi pengisian pulsa maka Anda tidak mudah panik namun segera mengajukan komplain pada penyedia server. 

0 komentar:

Post a Comment