Home » » Mengenal Cara Kerja dan Fungsi Software Server Pulsa

Mengenal Cara Kerja dan Fungsi Software Server Pulsa

Written By Randy on Sunday, 2 September 2018 | 05:20

Bisnis pulsa saat ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Sebab pulsa memang merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk berkomunikasi dan melayani berbagai jenis tagihan pembayaran. Berkaitan dengan bisnis pulsa mungkin bagi anda yang belum pernah menjalankan bisnis pulsa masih terasa asing dengan istilah server pulsa. Dimana sebetulnya server pulsa merupakan satu set komputer yang terinstal software pulsa di dalamnya dan terhubung dengan handphone atau modem. Tentunya software server pulsa ini memiliki fungsi dan cara kerja yang bisa semakin mempermudah bisnis pulsa yang anda jalankan.

Bagi anda yang penasaran dengan cara kerja software server pulsa sebetulnya memang cukup rumit. Dimana cara kerja tersebut merupakan gabungan dari setiap provider seluler pada sebuah sistem perangkat keras atau hardware lalu dijalankan oleh sebuah perangkat lunak atau software. Bila digambarkan secara singkat, server pulsa ini memungkinkan anda untuk mengisi pulsa all operator cukup dengan menggunakan satu chip saja. Dengan demikian bisa diartikan bahwa cukup dengan menggunakan 1 unit handphone saja anda sudah bisa melakukan transaksi.

Untuk sebuah server pulsa bisanya dibekali dengan perangkat canggih misalnya saja komputer dengan spesifikasi yang sudah mumpuni, chip, modem serta software-software yang bisa bekerja secara otomatis untuk menjalankan perintah tertentu. Saat melakukan input maka untuk member yang sudah terdaftar nomornya pada server maka secara otomatis bisa terbaca. Selain itu ketika mengirimkan format transaksi atau top up ke SMS center atau melalui layanan chat lainnya maka server akan memproses transaksi tersebut. Untuk format transaksi yaitu berupa perintah seperti transaksi k harga, cek bonus, pengisian pulsa hingga kirim saldo.

Perlu anda ketahui bahwa masing-masing software server pulsa biasanya memiliki format yang berbeda. Ketika anda sebagai memberi mencoba mengirimkan perintah transaksi ke pusat sesuai dengan format maka server akan memprosesnya secara otomatis. Jika perintah transaksi tersebut diterima maka server akan memotong saldo anda. Selanjutnya jika saldo tersebut masih mencukupi maka akan diteruskan ke tabel transaksi lalu akan diproses oleh modul yang sudah disetting untuk mengerjakan perintah transaksi pada provider tertentu.

Bila perintah transaksi sudah diproses oleh model maka selanjutnya akan muncul laporan proses transaksi tersebut secara otomatis. Laporan tersebut biasanya berisi keterangan transaksi berhasil atau gagal, harga pulsa top up serta saldo yang masih tersedia. Laporan tersebut akan dikirimkan melalui SMS sender ke reseller atau member sesuai dengan format transaksi yang ditetapkan oleh penyedia server pulsa.

Setelah anda mengetahui cara kerja software server pulsa, selanjutnya anda perlu mengetahui fungsi dari software server tersebut. Dimana fungsinya yaitu untuk memudahkan proses transaksi karena bisa dijalankan secara otomatis cukup menggunakan satu chip saja untuk seluruh operator. Dengan demikian anda hanya perlu menggunakan 1 handphone saja untuk melayani berbagai jenis transaksi pulsa sehingga transaksi menjadi mudah dan kerja sistem yang sederhana.

Demikianlah penjelasan mengenai cara kerja dan fungsi software server pulsa yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis pulsa sebaiknya pahami penjelasan di atas. Dengan begitu anda akan semakin mudah dan tidak perlu ragu menjalankan bisnis pulsa menggunakan software dan server. 

0 komentar:

Post a Comment