Home » » Apa Itu PPOB dan Bagaimana Menjalankannya?

Apa Itu PPOB dan Bagaimana Menjalankannya?

Written By Randy on Tuesday, 2 October 2018 | 21:55

Saat ini, semua bisnis menuntut kecepatan dan ketepatan. Jika bisnis di era sekarang dijalankan masih secara konvensional, maka tidak ada jaminan ia akan berkembang atau mampu bersaing. Apalagi, trennya saat ini adalah menjalankan bisnis hanya lewat smartphone, tentu dunia digital akan semakin ramai lagi. Nah, salah satu bisnis yang bisa dijalankan lewat smartphone adalah PPOB. Apa itu PPOB dan bagaimana cara menjalankannya agar mendapatkan keuntungan yang besar?

Apa Itu PPOB?

PPOB atau singkatan dari Payment Point Online Bank merupakan sistem pembayaran secara online yang menggunakan fasilitas bank. Contohnya adalah pembayaran TELKOM, PLN, PDAM dan lain sebagainya. Nah, PPOB ini, selain melibatkan jasa perbankan atau lembaga keuangan dalam prosesnya, juga melibatkan lembaga lain yang disebut switching atau pengatur lalu lintas data termasuk juga adanya outlet atau loket PPOB yang melayani secara langsung kepada para pelanggan.

Caranya Memulai Bisnis PPOB

Jika Anda sudah tahu apa itu PPOB, lalu, bagaimana cara memulai menjalankan bisnis dengan basis PPOB ini? Berikut ini cara memulainya secara sederhana:
  • Pakai Smartphone atau Laptop
Bisa dipastikan jika bisnis PPOB ini mengandalkan koneksi internet untuk proses transaksinya. Sehingga Anda membutuhkan alat yang terkoneksi dengan internet. Anda bisa menggunakan komputer atau laptop yang tersambung ke internet. Tapi, jika Anda tidak memiliki komputer atau laptop, bisa juga dengan memanfaatkan smartphone. Tentunya, Anda punya smartphone kan? Nah, manfaatkan HP Anda untuk berbisnis.
  • Mulai dengan modal uang
Jika sudah memiliki smartphone atau laptop, langkah selanjutnya agar bisnis PPOB berjalan adalah dengan menyetorkan modal awal. Besaran setoran modal awal ini bervariasi tergantung produk PPOB apa yang dibeli. Ada produk yang dimulai dengan harga Rp 10.000 ada juga yang lebih dari itu semisal tagihan air PDAM, PLN dan lainnya membutuhkan modal minimal lebih dari Rp 10.000. Modal awal ini, biasanya ditransfer dengan memanfaatkan layanan bank. Pihak PPOB nantinya memberikan beberapa opsi bank yang bisa ditransfer.
  • Strategi marketing diperlukan
Walaupun dimulai dengan modal yang tergolong kecil, bisnis PPOB membutuhkan strategi marketing agar bisa dipasarkan secara luas atau lebih tepatnya agar mendapatkan banyak pelanggan yang menggunakan produk PPOB tersebut. Jadi, pebisnis PPOB yang baru mulai mungkin perlu memperkenalkan produk mereka kepada banyak orang baik di sekitar tempat usaha PPOB dibuka maupun di tempat lainnya dan bahkan bisa dilakukan secara online.

Jadi, bisnis PPOB juga membutuhkan kerja keras untuk bisa menikmati hasilnya. Tentu saja, jika sudah mampu membayar karyawan atau bahkan tim tersendiri, bisnis ini bisa dijalankan oleh mereka dan Anda bisa menikmati hasilnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda yang belum memahami apa itu PPOB.

0 komentar:

Post a Comment