Home » » Memahami Istilah Server dan Software Pulsa Wajib untuk Pemula

Memahami Istilah Server dan Software Pulsa Wajib untuk Pemula

Written By Randy on Wednesday, 9 May 2018 | 14:32

Anda berencana membuka usaha pulsa? Pilihan yang tepat untuk memulai usaha yang memang sangat menjanjikan di masa yang serba mobile saat ini. Namun pertanyaan yang paling sering muncul ketika akan mengawalinya adalah “apa itu server pulsa?” dan “apa software pulsa itu?” kedua istilah ini menjadi hal yang wajar bagi orang awam yang ingin memulai bisnis pulsa mereka. Kemungkinan Anda pun juga memiliki pertanyaan yang sama.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan beberapa jawaban atas pertanyaan yang sering muncul yang menjadi ganjalan sehingga Anda menjadi ragu untuk mulai usaha. Mulai dari istilah yang digunakan hingga penjelasan sederhana berhubungan dengan transaksi pulsa.

  1. Server Pulsa: Server dalam istilah bahasanya berarti penyedia. Nah penyedia di sini artinya Anda menyediakan pulsa yang siap diisikan kepada para pelanggan. Pulsa yang Anda miliki berupa stok yang tersimpan berupa deposit. Server merupakan suatu sistem yang dijalankan melalui software pulsa yang terinstal dalam komputer untuk mempermudah melakukan transaksi dan mengelola stok pulsa.
  2. Software Pulsa:Software atau suatu program dalam komputer yang terhubung secara real time dengan perangkat modem maupun handphone yang berisi chip operator tertentu (M-Tronik, M-KIOS, DOMPUL, SEV,  FLEXI dan lain sebagainya)
  3. Transaksi: Pada dasarnya perangkat yang digunakan termasuk PC, HP, modem sampai dengan software pulsa tak lain demi memudahkan proses transaksi dan mengelola stok pulsa. Menggunakan alat-alat ini, Anda sebagai penyedia pulsa tidak akan kelimpungan ketika harus melayani transaksi pelanggan yang jumlahnya semakin banyak, operator berbeda-beda dengan sediaan deposit yang berbeda pula. Anda bisa membayangkan ketika pelanggan Anda mulai banyak dan mengantre untuk membeli pulsa. Tentu Anda tidak ingin membuat mereka menunggu terlalu lama dan kecewa atas lemotnya pelayanan kan?

Menggunakan sistem server dan software pulsa ini, Anda tidak perlu khawatir sebab transaksi dilakukan dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan detik saja. Anda cukup menginput kode transaksi dari keyboard PC saja untuk mengeksekusi 1 atau banyak transaksi sekaligus. Selain itu, sisa saldo Anda juga akan terkontrol dengan lebih mudah dan realtime.



Yang Dibutuhkan



Untuk membangun sebuah sistem server, Anda akan memerlukan beberapa peralatan yang tak terlalu sulit untuk didapat, antara lain:



Unit Komputer 1 set, meskipun bukan spesifikasi tinggi, ada baiknya Anda memilih CPU yang menggunakan spesifikasi baru minimal Core2Duo dengan RAM 2 Gb atau di atasnya dengan power supply output setidaknya 450 watt. Disarankan pula Anda menggunakan Windows original.
Perangkat modem atau HP untuk mengaktifkan chip dari operator (M-KIOS, M-Tronik, Dompul dll)
UPS untuk berjaga-jaga apabila rumah/ toko terjadi konslet atau mati lampu sehingga memberikan Anda waktu yang cukup untuk memeriksa transaksi dan logout.
Software pulsa usahakan Anda menggunakan software original dengan dukungan penuh untuk adanya update, komunitas dan maintenance.




Itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenai istilah dan sistem penjualan pulsa yang perlu diketahui sebagai awal Anda merintis bisnis. Tak ada salahnya pula Anda mencari informasi tambahan melalui forum maupun komunitas yang dapat Anda jangkau.

0 komentar:

Post a Comment